Pupuk Mikoriza

Kami menawarkan pupuk mikoriza yang dapat memperbaiki akar tanaman sehingga dapat maksimal menyerap unsur hara disekeliling tanaman.

Mikoriza (mycorrhizae) merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi, di mana tanaman sebagai penyedia karbon untuk mikoriza dan jamur mikoriza bisa menyediakan nutrisi (terutama P dan N, serta unsur mikro lainnya) yang diambil dari tanah.
• Pada tanah yang kurang subur, jamur mikoriza mampu membantu mengambil nutrisi dari tanah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi tanaman.
• Tanaman yang bermikoriza akan lebih mampu berkompetisi dan lebih mampu bertoleransi terhadap tekanan lingkungan daripada yang tidak bermikoriza (seperti kekeringan dan serangan penyakit).
• Pada tanah yang subur, pemakaian mikoriza dapat menekan pemakaian pupuk kimia hingga 50%.

 

Cara Pemakaian :
– Mikoriza akan bekerja efektif pada bibit tanaman muda, yaitu pada masa persemaian atau pembibitan tanaman.
– Aplikasinya disarankan untuk dituangkan di sekitar kecambah tanaman atau akar muda tanaman.
– Usahakan terjadi kontak Mikoriza dengan kecambah atau akar muda tanaman dan tidak terganggu selama awal inokulasi (1-14 hari).
– Untuk tanaman padi : diberikaan pada saat awal penyemaian (satu sari setelah benih disebarkan) atau dicampur pada saat penyimpanan (setelah direndam). Akar tanaman yang terinfeksi mikoriza, perkembangannya lebih cepat dan jangkauannya lebih jauh akar tanaman yang terinfeksi mikoriza
– Yang perlu diperhatikan pada waktu aplikasi, sebaiknya mikoriza tadi ditumpahkan dulu dalam wadah (misal nampan atau atau piring yang rata) kira-kira setebal 1 cm. Kemudian pengambilannya dilakukan dengan menyerok (misal dengan sendok kira-kira setengah sampai satu sendok teh). Penyerokan dilakukan dengan cara diserok hingga menyentuh dasar penampan. Maksudnya adalah supaya bagian bawah (bagian yang lebih halus) juga ikut terkena, karena spora mikoriza yang lembut tersebut ditakutkan sudah terlepas dari medianya, sihingga perlu pemerataan (antara yang halus dengan yang kasar) saat pengambilannya.

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: